ETF Cryptocurrency

ETF Cryptocurrency

Apa itu ETF Cryptocurrency?

Dana yang diperdagangkan di bursa mata uang kripto (ETF) berfungsi, secara teori, seperti ETF lainnya. Sementara sebagian besar ETF melacak indeks atau sekeranjang aset, ETF cryptocurrency akan melacak satu atau lebih token digital. Seperti ETF lainnya, ETF token digital akan diperdagangkan seperti saham biasa di bursa, dan mereka akan mengalami perubahan harga sepanjang hari saat investor membeli dan menjual.

Bagaimana ETF Cryptocurrency Bekerja?

Agar ETF cryptocurrency berfungsi dengan baik, organisasi yang mengelola dana perlu memiliki aset dasar yang dilacaknya. Dengan kata lain, ETF harus memiliki saham token digital yang sepadan. Kepemilikan token ini kemudian akan direpresentasikan sebagai saham, dan dengan membeli saham ini, investor di ETF secara tidak langsung akan memiliki token tersebut. Investor ETF kemudian akan mendapatkan eksposur ke potensi naik dari aset yang mendasarinya.

Pertimbangan Khusus

Jadi di mana posisi ETF cryptocurrency saat ini? Sejauh ini, Securities and Exchange Commission (SEC) telah mengindikasikan bahwa mereka tidak akan menyetujui ETF cryptocurrency sampai pasar menunjukkan tingkat stabilitas dan keamanan. Meskipun demikian, sikap SEC tidak menghentikan sejumlah pihak untuk mencoba meluncurkan ETF mata uang digital.

Chicago Board Options Exchange (CBOE), yang telah meluncurkan bitcoin futures, telah melobi SEC untuk mempertimbangkan kembali penyumbatan dana token digital sebelumnya. Cameron dan Tyler Winklevoss, pendiri pertukaran mata uang digital populer Gemini, terus mengajukan petisi kepada SEC untuk menyetujui ETF bitcoin tanpa hasil.

Coinbase, pertukaran mata uang digital yang sangat populer, meluncurkan dana indeks yang menawarkan eksposur ke empat mata uang digital terbesar, tetapi itu tidak persis sama dengan ETF. Beberapa ETF bahkan menawarkan eksposur kecil ke GBTC, tetapi ini tidak secara eksklusif berfokus pada cryptocurrency.

SEC telah menyatakan keterbukaan terhadap kemungkinan dana cryptocurrency di masa depan, dan ini dapat terus memicu optimisme investor jika ETF cryptocurrency berkembang di bagian lain dunia. Berbagai pasar di Eropa dan Asia, misalnya, telah memperkenalkan ETF mata uang kripto berkat tingkat regulasi yang berbeda. Untuk saat ini, investor AS harus menunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *