Pemilik Saham Treasuri Adalah Perusahaan Non Deviden, Ini Penjelasannya! (economy.okezone.com)
Pemilik Saham Treasuri Adalah Perusahaan Non Deviden, Ini Penjelasannya! (economy.okezone.com)

Pemilik Saham Treasuri Adalah Perusahaan Non Deviden, Ini Penjelasannya!

Saham Treasury adalah saham perusahaan yang biasa disebut dengan stock Treasury. Lalu, jenis saham ini diperoleh kembali oleh sebuah Perusahaan. Dengan arti kata lain Treasury Stock merupakan saham biasa yang dikeluarkan untuk para investor yang pada kemudian dibeli kembali oleh perusahaan. Kemudian, dengan mengatasnamakan perusahaan itu sendiri. Treasury ini juga akan mengurangi jumlah saham yang beredar di pasar terbuka.

Perlu Anda ketahui bahwa pemilik saham Treasury ini perusahaan yang tidak menerima dividen, juga tidak mempunyai hak suara serta tidak dapat menghasilkan keuntungan maupun kerugian pada laporan laba dan rugi. Saham yang satu ini juga bisa Anda jual ataupun simpan terus menerus.

Bukan hanya itu saja, Treasury seharusnya juga tidak masuk dalam hitungan saham yang telah beredar. Jumlahnya juga tidak bisa melebihi proporsi maksimal total kapitalitalisasi yang telah ditentukan Undang-Undang juga peraturan. Pada intinya saham Treasury ini adalah sama dengan modal ekuitas yang tidak diterbitkan. Mereka juga tidak bisa dikategorikan sebagai aset di neraca, alasannya aset harus mempunyai kemungkinan manfaat ekonomi untuk masa hadapan.

Saham Treasury Adalah Dapat Dihitung, Berikut Cara Pencatatannya

Setelah mengetahui pengertian saham Treasury, kini perlu Anda ketahui juga mengenai metode pencatatan transaksi Treasury Stock. Bagaimana caranya? Akan ada dua metode yang bisa digunakan untuk mencatat.

Metode nilai nominal merupakan pembelian kembali saham yang beredar di pandang sebagai penghentian peredaran separuh saham yang beredar. Metode ini menjelaskan mengenai pembelian saham kembali yang beredar yang juga merupakan pelunasan kembali saham kepada para pemilik. Dengan demikian, pemegang saham bukanlah lagi menjadi pemegang saham perusahaan.

Dengan metode harga perolehan merupakan pencatatan saham yang sudah beredar sebagai bahan tambahan terhadap elemen modal yang belum ditentukan penyelesaiannya. Metode dalam saham Treasury adalah dikurangkan pada modal perusahaan. Saham Treasury yang sudah dibeli dianggap sebagai sebuah elemen negatif yang tidak perlu diidentifikasikan dengan elemen-elemen modal.

Jika peredaran treasury stock tersebut dihentikan maka saldo rekening akan dialokasikan ke elemen modal. Namun, jika saham dijual lagi maka penjualannya dianggap sebagai penyelesaian terakhir dari saham-saham tersebut.

Karakteristik Treasury Stock

Bukan hanya bisa menjawab dengan adanya sebuah pertanyaan mengenai saham Treasury adalah, akan tetapi supaya lebih detail lagi, karakteristik juga sangat perlu untuk diketahui. Guna kita bisa membedakan yang mana saham treasuri yang mana saham biasa.

Untuk saham Treasury sendiri tidak mempunyai hak suara maupun dividen. Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga pembeliannya bisa menurunkan jumlah saham yang sudah beredar juga penerbitan kembali. Hal tersebut nantinya bisa menambahkan jumlah saham yang beredar, tetapi tidak bisa mengubah modal resmi.

Saham Pensiunan Vs Saham Treasury

Saham Treasury nyatanya bisa pensiun ataupun ditahan untuk tidak dijual kembali di pasar terbuka. Ketika saham tersebut dihentikan maka akan dibatalkan secara permanen dn tidak bisa diterbitkan kembali nantinya. Ketika sudah pensiun, saham tersebut tidak akan lagi dicatat sebagai Treasury Stock pada laporan keuangan perusahaan. Jika saham tersebut tidak pensiun maka bisa diterbitkan kembali apa itu saham Treasury tersebut.

Oh iya, saham Treasury adalah bukan termasuk dalam aktiva. Jika saham tersebut dijual maka akan mendapatkan dana, tetapi hal tersebut tidak memberi kemungkinan untuk mengubahnya menjadi aktiva. Ketika perusahaan telah membeli beberapa saham yang beredar, berarti dia telah mengurangi kapitalisasi bukan mengakuisisi aktiva. Bagi Anda yang belum mengetahui tentang saham Treasury, penjelasan tersebut semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *