Capital Gain, Pengertian, Cara Mendapatkan Hingga Jual Beli Saham (accurate.id)
Capital Gain, Pengertian, Cara Mendapatkan Hingga Jual Beli Saham (accurate.id)

Capital Gain, Pengertian, Cara Mendapatkan Hingga Jual Beli Saham

Dalam dunia trading saham tentu anda sudah tidak asing lagi dengan nama capital gain. Istilah yang satu ini akan sering muncul dan perlu dipahami bagi semua investor. Capital itu sendiri merupakan istilah penting dalam dunia saham. Bahkan cukup penting bagi Anda yang trading saham dengan jangka pendek. Sebagai pemula maka ada banyak istilah yang bisa diketahui. Begitu juga dengan pengertian istilah yang satu ini. Selain memahami artinya Anda juga perlu tahu bagaimana cara menghitung dalam jual beli saham.

Pengertian Capital Gain Menurut Para Ahli

Dalam dunia saham beragam istilah muncul untuk mewakili sebuah hasil. Bahkan untuk Anda pelaku pemula perlu banyak belajar tentang banyak hal. Bisa dari jual beli saham hingga menjaganya agar tetap naik. Meski demikian untuk mempelajari masalah ini pun cukup mudah. Seperti halnya dengan istilah capital gain. Ada beberapa pengertian yang bisa Anda ketahui dari istilah yang satu ini. Pengertian dalam dunia saham atau capital menurut Samsul 2006 ini bisa disebut dengan return.

Dimana pendapatan yang dinyatakan dalam jumlah persentase dari modal awal ketika investasi. Pendapatan dalam bentuk investasi inilah yang menjadi penghasilan. Dalam hal ini keuntungan dinamakan dengan capital gain dan kerugian bisa disebut dengan istilah capital loss. Sedangkan untuk pengertian secara luasnya jika capital tersebut sebuah keuntungan yang didapat dari investasi. Bisa berupa surat berharga seperti saham, obligasi yang memiliki nilai lebih dalam pembelian.

Secara garis besar jika capital atau return ini hasil keuntungan yang diperoleh dari investasi. Jika dibilang return saham merupakan keuntungan yang diperoleh oleh trader saham dari selisih harga jual saham tertinggi dibanding harga beli. Misalnya saja pembelian saham harga Rp 1000 dan dijual sebesar Rp 1.100 maka keuntungan atau capital yang diperoleh yaitu Rp 100. Berbeda dengan capital loss atau kerugian.

Mekanisme Perhitungan Jual Beli Saham

Capital gain atau keuntungan yang diperoleh dalam jual beli saham bisa dihitung dengan cara tepat. Sebagai pelaku jual beli saham anda perlu tahu mekanisme perhitungan saham. Satuan untuk jual beli saham yaitu LOT. Dimana 1 lot sama dengan 100 lembar saham.

Sedangkan untuk fee belinya perlu diperhitungkan dalam setiap sekuritas transaksi saham. Fee belinya berkisar antara 0,15-0,18 %. Dalam hal ini yaitu perhitungan keuntungan jual beli saham Anda bisa gunakan rumus hitung menggunakan excel. Dimana juga bisa menghitung kerugian dengan cara yang sama.

Cara Mendapatkan Capital Gain Saham

Bagi Anda pelaku investasi saham tentu perlu mengetahui bagaimana cara agar mendapatkan keuntungan. Setelah Anda tahu cara perhitungannya, maka ketahui juga memperoleh keuntungan dengan benar. Pastikan memilih dan membeli saham yang bagus. Sebab, tidak semua saham bisa Anda pilih karena kurang berkualitas. Bahkan harga setiap saham berbeda dengan momen naik turun harga yang tidak bersamaan.

Ketika saham mengalami penurunan harga atau mendapatkan diskon sebaiknya Anda mulai membelinya. Sedangkan untuk meraih keuntungan bisa gunakan kombinasi analisa teknikal dan momentum market. Sehingga bisa menentukan mana saham yang bagus. Dalam dunia saham memang Anda perlu menentukan langkah yang tepat agar tidak jatuh dalam kerugian.

Beragam analisa perlu dilakukan agar anda tetap dalam kondisi baik dengan kenaikan dan penurunan harga saham. Pastikan Anda tahu dulu istilah yang ada didalamnya, perhitungan hingga cara jual beli saham. Dengan demikian Anda akan memperoleh capital gain atau keuntungan dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *