Cara Menghitung Dividen dengan Benar Sesuai Tahapan (economy.okezone.com)
Cara Menghitung Dividen dengan Benar Sesuai Tahapan (economy.okezone.com)

Cara Menghitung Dividen dengan Benar Sesuai Tahapan

Dalam sebuah investasi saham, investor tentunya memiliki keuntungan berupa capital gain dan dividen. Lalu bagaimana cara menghitung dividen yang akan kita terima. Kali ini kami akan membantu Anda memberi cara untuk menghitungnya.

Sebelumnya Anda harus mengetahui apa itu capital gain dan dividen terlebih dahulu. Capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh investor saat menjual saham dengan harga yang lebih tinggi. Sedangkan, dividen merupakan bagian dari laba perusahaan yang akan diberikan kepada pemegang saham atau investor.

Dividen biasanya akan diberikan setelah mendapatkan persetujuan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS). Dividen tersebut bisa dibagi baik itu tunai atau dalam bentuk saham. Sesuai dengan namanya, saham berbentuk uang, sementar dividen saham di berikan dalam bentuk saham.

Biasanya investor yang juga mengincar dividen adalah para investor jangka panjang yang biasanya tidak melakukan transaksi saham dalam waktu harian.

Begini Cara Menghitung Dividen

Dengan mengetahui cara hitung dividen, Anda bisa lebih memahami seberapa besar saham perusahaan yang akan masuk ke rekening Anda. Berikut ini kami akan memberikan cara mudah untuk menghitung saham dividen.

Misalnya di sebuah instansi, Anda selaku investor saham memiliki 96 lot atau 9,600 lembar saham pada perusahaan A. Suatu hari perusahaan itu memutuskan untuk membagi dividen tunai sebesar Rp 65,48 per lembar. Maka Anda bisa menghitungnya dengan.

Dividen sebelum pajak = 9.600 x Rp 65,48

                                      = Rp 628.608

Dividen setelah pajak = Rp 628.608 – (Rp 628.608 x 10 %)

                                    = Rp 565.748

Dengan begitu dividen yang akan diterima Anda adalah Rp 565.748 nantinya dividen tersebut akan di transfer ke rekening Anda. Sehingga Anda juga berpotensi mendapatkan capital gain apabila ajal dari perusahaan A dihargai lebih tinggi daripada harga belinya.

Dividen Yield dan Dividend Payout Ratio

Ini merupakan istilah dari investor saham. Dividend payout ratio adalah rasio dividen yang diberikan kepada pemegang saham yang nantinya akan dibagi dengan laba tahunan perusahaan.

Sedangkan, dividend yield adalah dividen per saham yang dibagi harga saham. Sering juga disingkat sebagai keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham ketika pembagian dividen. Anda perlu ingat kalau setiap menit memiliki kebijakan yang berbeda-beda tentunya.

Langkah-Langkah Cara Menghitung Dividen

Adapun langkah mudah untuk menghitung saham, berikut ini langkah yang bisa Anda gunakan untuk menghitung deviden.

1. Mencari Total Dividen dari DPS

Anda perlu mencari tahu jumlah saham perusahaan yang Anda miliki. Anda bisa mencari taunya dari broker atau lembaga investasi atau memeriksa laporan rutin.

2. Tentukan Dividen yang Dibayangkan Perusahaan dari Saham

Anda bisa menghitungnya dengan rumus DPS = (D – SD)/S, yaitu dengan D = jumlah uang yang dibayar, SD = jumlah yang dibayangkan dan dividen khusus, sedangkan S = jumlah saham perusahaan memiliki oleh pada investor.

3. Kalikan DPS Dengan Jumlah Saham

Disini Anda bisa menggunakan rumus D = DPS x S. Dengan D =  DPS dikalikan dengan S, dengan D = dividen dan S = jumlah saham yang Anda miliki.

4. Bisa Juga Gunakan Kalkulator

Jika jumlah devidennya ada banyak, dan bila Anda kesulitan menghitung secara manual, bisa menggunakan bantuan kalkulator.

5. Hitung Juga Reinvestasi Dividen

Proses tadi dirancang untuk persoalan yang relatif sederhana dengan kuantitas jumlah saham yang bersifat tetap. Selain itu Anda juga perlu menghitung reinvestasi dividen.

Jadi itulah, cara menghitung dividen yang bisa Anda gunakan dengan baik. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *