Cara Membeli Saham Emas dengan Mudah dan Cepat, Ini Triknya! (fool.com)
Cara Membeli Saham Emas dengan Mudah dan Cepat, Ini Triknya! (fool.com)

Cara Membeli Saham Emas dengan Mudah dan Cepat, Ini Triknya!

Ada beberapa cara membeli saham emas dengan mudah untuk Anda pelajari mulai dari sekarang. Seperti yang kita ketahui bahwa emas adalah salah satu dari instrumen investasi yang riil.

Investasi emas juga sering dianggap sebagai salah satu investasi safe haven karena harganya bisa naik dalam jangka panjang. Apalagi di saat masa-masa krisis ekonomi, tentunya emas merupakan produk yang banyak diincar oleh masyarakat. Karena investasi emas juga lebih aman dan jika ekonomi sedang lesu, maka harga saham akan naik.

Panduan untuk Membeli Saham Emas dengan Beberapa Langkah

Perusahaan produksi emas ada yang go public di Bursa Efek. Karena ada beberapa perusahaan emas besar di negara Indonesia yang telah mencatat sahamnya di pasar modal. Nah, Anda juga memiliki kesempatan untuk bisa memiliki saham tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat membeli saham-saham tersebut lainnya, namun yang berstatus Terbuka (Tbk). Biasanya harga saham ini juga cenderung naik saat harga emas di pasaran mengalami kenaikan.

Terlebih saat harga saham ini sudah mulai bisa terdiskon. Maka dari itu, Anda dapat mempertimbangkan saham ini untuk melakukan trading. Bagaimana cara membelinya?

Sebelum lanjut caranya, Anda bisa mengetahui beberapa perusahaan emas yang go public di Indonesia. Misalnya seperti PT Bumi Resources Mineral Tbk (BRMS), PT United Tractors Tbk (UNTR), dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Untuk membelinya, berikut ini panduannya.

Lakukan Login Dahulu ke Akun Software Trading

Untuk membeli saham emas, pertama harus melakukan pembelian di software online trading di kantor sekuritas. Sehingga bisa dikatakan jika jual beli saham ini akan dilakukan secara online.

Apabila Anda belum mempunyai akun saham di sekuritas, sebelumnya Anda harus membuka rekening efek dahulu di sekuritas dengan cara online. Untuk membuat atau panduan pembuatan rekening Anda bisa membaca di Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.

Order Buy

Selanjutnya untuk dapat membeli saham ini, maka Anda bisa memilih salah satu saham tersebut. Sebagai contoh adalah dari PT Merdeka Copper Gold Tbk. Untuk bisa membeli sahamnya, Anda bisa mengetikkan kode saham perusahaan tersebut.

Kode saham emas terdiri dari empat kode, namun jika Anda belum hafal kode tersebut, maka Anda bisa mengambil tindakan lain seperti googling. Sedangkan kode saham di PT Merdeka Copper Gold Tbk yaitu MDKA.

Nantinya akan muncul antrian terakhir, dan Anda dapat melihat harga offer yang berada di bagian paling atas dengan harga Rp 1805. Lalu Anda bisa ketikkan harga belinya beserta jumlah lot yang Anda mau atau inginkan.

Pada 1 lot terdapat 100 lembar saham. Jika Anda ingin beli saham MDKA dengan harga Rp 1805 sebanyak 8 lot, maka Anda harus mengeluarkan modal sebanyak 1.444.000 rupiah. Jangan lupa juga untuk menambahkan fee beli sekuritas.

Analisis Teknikal Saham

Karena berhubung terdapat beberapa perusahaan emas di BE (Bursa Efek), jadi Anda harus bisa memilih saham yang sangat bagus untuk dibeli. Bila Anda ingin melakukan trading dalam jangka pendek, maka harus melakukan analisa teknikal dahulu (chart).

Salah satu tujuan dari analisa chart yaitu memilih saham-saham yang memiliki sinyal bagus dan membeli saham dengan harga tepat. Untuk mempelajari cara analisa teknikal, Anda bisa membaca di Buku Saham Analisa teknikal. Cukup mudah bukan untuk membeli saham emas seperti ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *