Kegunaan dari Broker Summary Saham, Berikut Ini Penjelasannya (investopedia.com)
Kegunaan dari Broker Summary Saham, Berikut Ini Penjelasannya (investopedia.com)

Kegunaan dari Broker Summary Saham, Berikut Ini Penjelasannya

Broker Summary merupakan sebuah tool yang berguna untuk menganalisa saham oleh para trader umumnya. Pasalnya, tool ini sering digunakan oleh trader harian yang sedang mengincar profit dalam jangka pendek.

Lebih singkatnya lagi, ini berfungsi sebagai melihat broker sekuritas yang mana sedang melakukan akumulasi dan distribusi saham secara real time. Ketika Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana untuk menghapus kode dari broker ini, maka kebijakan ini menuai protes dari trader saham.

Berikut Ini Manfaat dari Broker Summary Saham yang Bisa Anda Ketahui

Kira-kira apa saja kegunaannya? Apakah hal ini juga penting? Tenang, semua akan terjawab dalam pembahasan lengkap kali ini. Daripada Anda terus penasaran, berikut ini beberapa kegunaan yang bisa Anda ketahui.

Mampu Memberikan Informasi Berupa Top Buyer Seller

Tool ini akan menampilkan sebuah informasi terkait broker sekuritas apa saja yang sedang melakukan aksi dalam jual beli saham. Lalu yang bisa diurutkan dari top buyer atau pembeli terbanyak dan top seller atau penjual terbanyak.

Sehingga dengan tool ini, maka Anda dapat melihat sekuritas mana saja yang sedang menjual atau membeli saham di dalam jumlah lebih besar. Untuk sekuritas besar atau sekuritas asing, biasanya akan memberikan dampak atas pergerakan harga saham. Terutama untuk saham jangka pendek.

Sebagai Pelengkap Analisis Teknikal

Broker Summary bisa kita gunakan sebagai salah satu pelengkap analisa teknikal. Apabila Anda menemukan analisis teknikal yang memiliki sinyal buy-nya bagus, maka Anda dapat menambah analisa dari tool ini

Tujuannya adalah untuk menyakinkan lagi Anda apakan analisa teknikal tersebut juga didukung oleh net buy broker sekuritas besar atau tidak. Bila analisa teknikal bagus untuk buy dan analisa saham dari tool juga menunjukkan net buy sekuritas besar, Anda dapat mempertimbangkan membeli saham.

Sebagai Analisa dalam Melihat Kekuatan Antara Jual dan Beli Saham

Tool ini mampu menampilkan daftar atas sekuritas yang sedang melakukan akumulasi maupun distribusi. Jadi, tidak hanya bisa tampil di buyer seller terbesar saja, tetapi juga bisa menampilkan hingga 20 sekuritas yang melakukan sell dan buy terbanyak.

Sesuai seperti hukum permintaan dan penawaran, apabila permintaan beli itu semakin dominan atau banyak, maka harga saham juga akan semakin naik Begitu juga sebaliknya atas penawaran.

Broker Summary dalam kekuatan buyer seller sekuritas dapat Anda lihat melalui volumenya atau buy vol dan sell volume. Apabila mayoritas sekuritas lebih banyak dalam melakukan pembelian, jadi hal ini merupakan indikasi bahwa harga saham banyak diakumulasi.

Begitu sebaliknya, bila sell volume lebih besar daripada buy volume, maka hal ini berarti bahwa saham tersebut sedang dijual banyak oleh sekuritas. Sehingga membuat saham tersebut berada dalam potensi turun (sideways).

Bukan Analisa yang Wajib untuk Trader

Bagaimanapun juga bahwa tool ini bukanlah suatu analisis yang wajib untuk para trader saham. Karena analisis teknikal saham merupakan salah satu analisa utama yang harus bisa dikuasai oleh sang trader.

Karena seluruh informasi mengenai harga saham, termasuk juga aksi akumulasi dan distribusi saham, kita bisa melihat pada pola-pola yang terbentuk dari analisa teknikal. Analisis teknikal tersebut ibaratnya adalah kompas trading Anda.

Sedangkan Broker Summary ini merupakan sebuah analisis pelengkap atau analisis pendukung. Karena jika tool ini tidak didukung menggunakan analisa teknikal, maka bisa menyebabkan penipuan para trader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *