Candle Saham Dalam Trading Apakah Artinya dan Cara Membaca (youtube)
Candle Saham Dalam Trading Apakah Artinya dan Cara Membaca (youtube)

Candle Saham Dalam Trading Apakah Artinya dan Cara Membaca

Candle saham tentu saja sering Anda temukan ketika melakukan trading saham. Namun sudahkah Anda memahami cara membacanya? Biasanya kebanyakan orang juga menyebutnya dengan sebutan chart saham.

Seringkali beberapa orang salah mengartikan chart saham ini. Sehingga bukan keuntungan yang didapatkan, namun justru kerugian yang diperoleh. Tentu saja melalui chart saham, Anda dapat melihat pergerakan grafik saham.

Mulai dari saham naik dan turun yang biasanya diwarnai dengan warna merah dan hijau. Sebenarnya cara membaca chart saham ini tidak sesulit yang dibayangkan.

Oleh sebab itu, simak beberapa ulasan di bawah ini agar Anda semakin mantap dan yakin untuk melakukan trading saham dengan aman.

DasarDasar Membaca Candle Saham

Tentu saja Anda perlu mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu agar tidak terdapat kesalahan dalam membaca chart saham ini.

Buyer Versus Seller

Dalam hal ini, istilah buyer versus seller sudah sangat populer. Tentu saja hal tersebut hanya menjadi istilah dalam proses pembentukan harga. Pembentukan harga tersebut diperebutkan oleh pembeli dan penjual.

Sehingga ketika proses pembentukan harga berlangsung antara pembeli dan penjual. Masing-masing berhak mengajukan argumen dan memegang kendali untuk mencapai kemenangan.

Gambaran Dalam Candle Saham

Untuk melihat chart saham ini harus melalui beberapa pola yang ada. Akan tetapi, harus mengetahui dinamika harga yang terjadi sebelumnya.

Dalam melakukan analisa chart saham ini, harus merencanakan pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Sehingga Anda harus melihat beberapa hal yang mencakup chart saham ini. Misalnya ukuran chart saham tersebut apakah lebih besar atau kecil dari sebelumnya.

Kemudian perubahan yang terjadi ketika volume chart saham mengecil. Semua hal tersebut akan sangat berpengaruh dan bermanfaat untuk Anda. Sehingga Anda bisa merencanakan chart saham untuk selanjutnya menjadi lebih matang.

Ukuran Badan Candle Saham

Ukuran ini menjadi hal utama yang sangat penting dan dapat menjadi sebuah indikator perkiraan harga. Seperti panjang chart saham dapat membuktikan kekuatan dari satu pihak.

Selanjutnya posisi chart memanjang juga menunjukkan kuatnya momentum. Lalu yang terakhir ketika ukuran chart mengecil momentum tersebut juga ikut mengecil.

Panjang Sumbu Chart Saham

Apabila sumbu pada candle saham memiliki ukuran yang panjang terdapat sebuah indikasi. Misalnya harga tersebut bergerak cepat dalam durasi waktu yang sebentar. Akan tetapi, mengalami penolakan karena terdapat sebuah perlawanan.

Namun jika sumbu bertambah panjang terus-menerus juga terdapat suatu indikasi lain. Seperti volatilitas meningkat sehingga menyebabkan harga berbalik arah.

Biasanya hal tersebut terjadi ketika harga tersebut sudah hampir mendekati Support Ressistance penting.

Perbandingan Panjang dan Ukuran Sumbu

Saat pasar saham sedang berada di posisi ketidakpastian, maka volatilitas akan meningkat sendiri. Sehingga hal tersebut akan menyebabkan badan chart saham ini semakin mengecil. Namun sumbu yang dihasilkan jauh lebih panjang.

Posisi Badan Candle Saham

Apabila Anda menemukan sebuah chart saham yang memiliki sumbu panjang dengan posisi badan yang terdapat di bagian lainnya, hal tersebut merupakan pertanda bahwa chart saham tersebut sedang mengalami perlawanan.

Namun jika chart saham berada pada posisi yang pas yaitu di tengah, justru memiliki indikasi bahwa terdapat ketidakpastian yang sedang terjadi di pasar saham.

Berdasarkan beberapa hal tersebut, Anda menjadi mengetahui setiap bentuk candle saham. Bahkan tanpa harus mengingat atau menghafal bentuknya satu per satu. Selain lebih efektif dan efisien, hal tersebut juga lebih akan membantu Anda kedepannya agar semakin lancar melakukan trading saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *