Tips Memilih Broker Saham Terbaik untuk Investasi Bisnis Anda (bigalpha.id)
Tips Memilih Broker Saham Terbaik untuk Investasi Bisnis Anda (bigalpha.id)

Tips Memilih Broker Saham Terbaik untuk Investasi Bisnis Anda

Broker saham terbaik tentu akan membuat keuntungan untuk Anda. Sebab, broker yang profesional dan kompeten dibidangnya tentu akan mempengaruhi bisnis investasi saham.

Tanpa melalui broker, Anda tidak akan dapat membeli saham. Broker sendiri biasanya memiliki kode yang secara resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia juga Otoritas Jasa Keuangan.

Bagaimana Memilih Broker Saham Terbaik?

Broker sendiri merupakan pialang atau seseorang dari perusahaan yang memiliki tugas sebagai perantara. Begitu halnya dengan broker saham, yaitu perusahaan sekuritas yang menjadi perantara dari transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli saham di Bursa Efek Indonesia.

Perusahaan tersebut tentunya sudah terdaftar di OJK dan merupakan satu-satunya pintu transaksi di pasar modal. Sehingga ketika akan membeli saham, Anda memerlukan perusahaan sekuritas atau broker melalui bursa efek.

Tugas broker tidak hanya membantu dalam transaksi jual beli. Namun broker juga dapat membantu Anda melakukan penelitian, rencana investasi serta analisis baik teknikal maupun fundamental.

Banyaknya jumlah broker saham atau perusahaan sekuritas membuat broker memiliki kode saham. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah penyampaian informasi mengenai transaksi jual beli saham oleh broker saham.

Jenis-Jenis Broker

Berdasarkan jenisnya, broker dibedakan dari cara mendapatkan keuntungan. Setiap perusahaan sekuritas tentu memiliki peraturan yang berbeda-beda mengenai cara mendapatkan keuntungan. Namun biasanya ada 2 cara yang digunakan dalam dunia broker.

Pertama, broker menetapkan fee atau bayaran. Berdasarkan transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli saham. Cara kedua adalah broker mengambil keuntungan dari selisih jual dan beli saham.

Cara Memilih Broker Saham Terbaik

Sebelum melakukan transaksi, tentu Anda harus mencari broker terlebih dahulu. Sebelum mencari broker, pastikan Anda sudah mengetahui dan paham mengenai saham.

Agar tidak terjadi miss komunikasi dengan perusahaan sekuritas yang akan membantu. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam memilih broker terbaik.

Pilih Broker dengan Perusahaan Sekuritas yang Terdaftar

Hal ini adalah hal utama dan sangat penting yang harus Anda perhatikan. Mencari broker dari perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar pada lembaga-lembaga terkait.

Memilih broker saham tidak boleh sembarangan, harus yang tepat dan amanah, sebab untuk menghindari uang anda dicuri atau dibawa kabur oleh broker.

Anda dapat mencari informasi seputar broker melalui lembaga Kliring Berjangka Indonesia atau biasa disingkat KBI. Jika perusahaan sekuritas tersebut sudah terdaftar dan memiliki izin serta merupakan anggota KBI, maka broker tersebut aman.

Selain melalui KBI, Anda juga dapat mengecek perizinan broker saham melalui Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi yang berada di bawah pengawasan Departemen Perdagangan Indonesia.

Pilih Broker yang Memberikan Layanan Lengkap

Pelayanan dan produk yang diberikan setiap broker tentunya berbeda-beda. Ada broker yang hanya melayani perdagangan dalam negeri, pembukaan rekening, perdagangan luar negeri, melayani penutupan ataupun yang lainnya.

Oleh sebab itu, anda dapat memilih broker saham terbaik yang dapat melayani sesuai dengan kebutuhan anda. Utamakan memilih broker yang sudah memiliki aplikasi trading atau website resmi sendiri. Agar memudahkan Anda untuk memantau investasi dimanapun dan kapanpun secara real time.

Broker dengan Reputasi Baik

Pastikan kembali broker yang Anda pilih adalah broker yang terpercaya. Anda dapat mengecek melalui testimoni yang sudah ada.

Jika broker tersebut profesional, tentu akan banyak penilaian baik mengenai mreka. Anda dapat mencari informasi melalui media sosial maupun komunitas broker. Dengan memilih broker saham terbaik, tentu akan membantu anda mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *