universitas ibn khaldun bogor

Kenali Universitas Ibn Khaldun Bogor sebagai Referensi Lembaga Pendidikan

Kebutuhan pendidikan tinggi untuk memberdayakan umat mengharuskan umat Islam mencari kampus berbasis Islam terbaik, sebaiknya mengetahui Universitas Ibn Khaldun Bogor. Dikarenakan bisa membuat umat Islam lebih beradab dan paham ilmu. Pasalnya, kampus tersebut menerapkan metode pembelajaran yang berbeda.

Lokasi

Lokasi saat ini universitas Ibn Khaldun Bogor Berada di Jalan. Kyai Haji Sholeh Iskandar Raya, Kedung Badak, Bogor, Jawa Barat. Dengan demikian, membuat kampus tersebut mudah dijangkau oleh pelajar karena lokasinya strategis serta nyaman untuk dijadikan tempat menuntut ilmu. .

Tidak hanya berasal dari kota Bogor saja, tetapi juga pelajar dari kota lainnya. Dengan demikian, bagi pelajar yang ingin mengemban ilmu di kampus tersebut, harus mencari tempat kost terlebih dahulu di sekitar kampus atau bisa juga mengikuti asrama yang disediakan oleh kampus.

Sejarah Pendirian

Kampus UIKA tersebut dibangun atas buah pemikiran para tokoh agama yang saat itu mendirikan yayasan Ibn Khaldun. Adapun tanggal pendiriannya yaitu tgl 23 April 1961. Dari sejak pertama didirikan, telah berusia 60 tahun sehingga wajar bila kampus ini menjadi kampus terbaik.

Nama ibn Khaldun sendiri diambil dari seorang pengarang buku. Maka dari itu, kampus tersebut memiliki kualitas literasi yang cukup bagus. Bahkan seluruh mahasiswanya harus bisa memiliki kemampuan literasi yang baik guna menunjang pendidikannya. Hal tersebut membuat mahasiswa di UIKA memiliki semangat untuk menulis, selain ilmu utamanya.

Fakultas

Berdiri atas dasar konsep keislaman, sehingga fakultas yang terdapat didalamnya berlandaskan dengan konsep tersebut, meliputi keilmuan pendidikan dan keguruan, Agama Islam dan ilmu pendidikan, ekonomi, keilmuan teknik dan hukum, serta Ilmu Kesehatan.

Adapun jurusannya meliputi bahasa Inggris serta pendidikannya, manajemen, perbankan, keguruan dan ilmu pendidikan, teknik mesin, hukum, ilmu kesehatan masyarakat, teknik elektro dan sipil, ilmu komunikasi, keguruan dan ilmu pendidikan,  keilmuan ekonomi, Agama Islam dan pendidikan.

Biaya

program pendidikan mulai dari diploma (D3), sarjana (S1), magister (S2) hingga doktor (S3) dibuka oleh kampus tersebut. Setiap biaya yang dibebankan kepada mahasiswa berbeda-beda tergantung pada pilihan program studi mahasiswa. Besaran biaya untuk praktikum sebesar Rp300.000 untuk semua jurusan, serta uang bangunan sebesar Rp1.400.000.

Selain program diploma dan S1, UIKA juga membuka kesempatan untuk mengikuti program pascasarjana. Adapun biayanya meliputi praktikum Rp300.000, uang bangunan sebesar Rp1.400.000, dan uang SPP sebesar Rp2.000.000. Adapun untuk biaya bangunan harus dicicil selama 2 kali, yaitu pada semester I dan II.

Kepengurusan

Rektor dari Universitas Ibn Khaldun Bogor telah berganti sebanyak beberapa kali sejak didirikan yaitu, A. Siddiq, SH, Haji Prijono Harjo sentono, Ir sebanyak 2 kali masa jabatan. Dr. Ir.AM. Saepudin KH.Didin Hafidhuddin, DRS. MS, Muhammad Rais A, MCL, berlanjut ke Profesor Doktor Insinyur Affendi A, MSc, berlanjut ke Haji Chaeruddin A N, SE., Dr. Ir. H. Raden Sunsun Saefulhakim, M. Sc, Doktor Didin S, M.A,

Adapun rektornya pada saat ini adalah Doktor Haji Endin M, MSi, dengan masa jabatan dari tahun 2020 hingga tahun 2024.Beliau diangkat menjadi rektor yang ke-13 di kampus tersebut. Pengangkatannya berdasarkan surat keputusan yayasan yang dikeluarkan pada tahun 2020. Beliau menggantikan rektor sebelumnya, yaitu Dr. H. E. Bahruddin, M.A.

Memberdayakan umat Islam harus dimulai dari pembenahan sistem pendidikannya. Oleh sebab itu, harus mengetahui salah satu universitas Islam terbaik di Bogor. Universitas tersebut lebih  mengembangkan konsep literasinya sehingga para pelajar tersebut bisa menuangkan pola pikirnya dalam bentuk tulisan. Nama kampusnya adalah Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *