syarat masuk jurusan perbankan syariah

Syarat Masuk Jurusan Perbankan Syariah yang Harus Disiapkan

Tertarik dengan dunia perbankan yang mengedepankan prinsip Islam? Maka kuliah Perbankan Syariah adalah pilihan yang tepat! Namun demikian, untuk diterima di jurusan ini terbilang susah-susah gampang. Lantaran ada sejumlah syarat masuk Jurusan Perbankan Syariah yang harus segera dipenuhi oleh calon mahasiswa. Penasaran dengan informasinya? Sebaiknya ikuti ulasan berikut dengan seksama!

Mengenal Jurusan Perbankan Syariah

Apa itu jurusan Perbankan Syariah di perguruan tinggi? Barangkali ada yang belum memahami tentang sebuah studi populer ini? Secara sederhana Perbankan Syariah merupakan sebuah jurusan yang menitikberatkan pada studi perbankan Islami. Dikatakan Islami karena dari penyaringan sumber dana, pemanfaatan dan, hingga penerapan kebijakannya memakai kaidah yang berlaku sesuai hukum islam.

Perlu diketahui, sekarang jurusan ini semakin diperhitungkan keberadaanya sehingga membuka prospek yang baik dan menjanjikan di masa depan. Mengingat, trend yang berkembang di masyarakat, mulai meninggalkan dominasi dari bank-bank konvensional yang kini ada.  Kehadiran sistem yang terbilang baru dari studi  jurusan perbankan syariah ini, dianggap relevan  mampu memenuhi tuntutan zaman.

Syarat Masuk Jurusan Perbankan Syariah secara Administratif

Selanjutnya, untuk dapat masuk jurusan ini, maka seorang calon mahasiswa harus menyiapkan sejumlah persyaratan pokok. Biasanya persyaratan ini terdiri dari dokumen-dokumen administratif yang meliputi:

  • Ijazah pendidikan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang memiliki keterangan kelulusan maksimal tiga tahun terakhir;
  • Sertifikat atau piagam baik akademis maupun non akademis yang diperlukan guna menunjang proses lolos seleksi;
  • Formulir pendaftaran yang disediakan masing-masing universitas untuk dilakukan pengisian sesuai data masing-masing; dan
  • Sejumlah dokumen penting lain yang dipersyaratkan.

Persyaratan Non-Administratif Lain yang Harus Disiapkan

Selain persyaratan berupa dokumen administrasi yang disebutkan di atas, calon mahasiswa perlu menyiapkan hal lain. Yakni persiapan mental untuk menempuh jenjang pendidikan ini yang berupa:

1. Menyukai Dunia Ekonomi

Pertama, calon mahasiswa harus menyukai dunia  ekonomi ketika di bangku Sekolah Menengah Atas. Jadi, singkatnya jurusan ini lebih direkomendasikan untuk siswa di SMA jurusan ilmu sosial maupun SMK akuntansi dan pemasaran. Namun demikian, jurusan lain pun diperbolehkan asal mau mengejar untuk mengenal dasar ilmu ekonomi yang nanti diperlukan dalam pembelajaran.

2. Teliti dan Disiplin

Selanjutnya, calon mahasiswa juga harus terbiasa dengan prinsip hidup kedisiplinan dan ketelitian untuk masuk dunia perbankan syariah. Karena nantinya pada saat pembelajaran di perkuliahan dua hal ini akan menjadi bekal yang sangat penting yang memudahkan. Khususnya, berkaitan dengan ilmu-ilmu yang mengharuskan kemampuan penyusunan berbagai laporan keuangan secara tepat dan akurat.

3. Cakap dalam Perhitungan

Seorang calon mahasiswa Perbankan Syariah juga harus terbiasa dan memiliki kecakapan dalam hal perhitungan. Ini karena nantinya, akan banyak mata kuliah yang berhubungan dengan perhitungan dengan nominal besar. Utamanya, berkaitan dengan pengelolaan dana perbankan syariah yang memakai berbagai rumusan khusus.

4. Tertarik Mendalami Islam Beserta Budayanya 

Terakhir dan merupakan syarat terpenting adalah seseorang harus siap untuk mendalami hukum agama Islam. Tidak lain karena Perbankan Syariah memiliki landasan agama yang berbeda dengan aturan lain pada bank konvensional. Sehingga memungkinkan seorang mahasiswa yang dulunya berasal dari studi ekonomi konvensional harus mempelajari prinsip baru, yaitu syariah.

Demikianlah tadi seluruh pembahasan telah diuraikan terkait syarat  masuk jurusan perbankan syariah yang umum diberlakukan. Jika memang tertarik menjadikannya pilihan, sebaiknya segera persiapkan segala sesuatunya dari sekarang! Mengingat, semakin maraknya perbankan syariah, maka kemungkinan di tahun-tahun mendatang sulit untuk masuk seleksi di universitas terbaik, karena jurusan ini berpeluang jadi rebutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *