keunggulan jurusan pemasaran smk

Keunggulan Jurusan Pemasaran SMK yang Wajib Dipahami

Pemasaran adalah satu jurusan penting yang kian difavoritkan di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Lantaran ada sejumlah keunggulan jurusan pemasaran SMK yang tidak ditemui pada pilihan studi yang lain. Penasaran dengan keunggulan apa saja yang ada di dalamnya? Sebaiknya perhatikan ulasan ini! Karena segala informasi tentangnya telah dihadirkan lengkap, sebagai berikut:

1. Peluang di Dunia Kerja Melimpah

Hal pertama yang menjadi keunggulan jurusan pemasaran SMK ialah memberikan prospek kerja luas bagi setiap lulusannya. Utamanya, dalam bidang-bidang pokok yang memerlukan skill pemasaran mumpuni seperti:

  • Staff instansi swasta maupun pemerintahan yang biasanya memerlukan seorang tenaga terlatih dalam melakukan serangkaian promosi;
  • Menjadi Chief of Store atau staf toko lain pada pusat perbelanjaan besar yang biasanya membuka kesempatan kerjasama dengan sekolah;
  • MD, SPB, atau SPG pada perusahaan retail yang banyak memerlukan tenaga kerja dari lulusan SMK jurusan Pemasaran;
  • Bekerja sebagai sales di berbagai macam perusahaan yang ada, baik sales Taking Order, Canvasing, maupun yang lain;
  • Berkarya dalam bidang marketing perusahaan yang bertugas menyusun rencana, baik survey, identifikasi, maupun tindakan lain yang berfungsi untuk mengembangkan perusahaan; dan
  • Berbagai macam prospek lain yang relevan dengan dunia pemasaran.

2. Sekolah dan Dapat Gaji

Seorang siswa yang bersekolah di SMK lebih ditekankan untuk belajar praktik  nyata sesuai kondisi dunia kerja di lapangan. Memungkinkannya mendapat tugas yang mewajibkan untuk memasarkan produk secara real dengan target penjualan tertentu. Asyiknya, pembelajaran ini biasanya diberi fasilitas berupa gaji ataupun tambahan insentif apabila siswa mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.

3. Melatih Jiwa Wirausaha

Keistimewaan lain yang akan dimiliki oleh siswa yang menempuh pendidikan SMK Pemasaran adalah jiwa wirausaha yang kuat. Karena, pada jurusan ini selain disiapkan untuk bekerja di perusahaan, siswa juga diberi arahan untuk mengembangkan bisnisnya secara mandiri. Mulai dari  pembelajaran teori perencanaan kegiatan usaha hingga berbagai macam hal terkait aspek pengelolaan.

4. Lulusan Memiliki Mental Kuat

Tantangan terbesar ketika seseorang menyelesaikan pendidikan dan masuk dunia kerja nyata adalah kekuatan mental. Ini menjadi sisi positif pelajar SMK Kejuruan yang dilatih bekerja dalam kondisi realistis. Misalnya, saat memasarkan produk seperti menghandle orderan, menyikapi penolakan konsumen, dan sebagainya akan menjadi bekal pengalaman yang melindungi dari drop mental di masa mendatang.

5. Praktik Langsung dengan Lebih Fleksibel

Berikutnya, terkait praktik pekerjaan langsung pada pembelajaran yang diberikan untuk siswa pun sekarang lebih fleksibel. Pasalnya, saat ini seiring perkembangan teknologi, memungkinkan berbagai praktik kerja unik, berupa:

  • Terjun langsung ke perusahaan atau industri yang memiliki hubungan kerjasama dengan sekolah siswa;
  • Membuat, mengelola, dan mengembangkan marketplace online sedari sekolah untuk keperluan bisnis mandiri siswa dalam jangka panjang; serta
  • Jenis praktik kerja lain yang sejalan dengan bidang studi jurusan Pemasaran.

6. Membiasakan Tertib Administrasi

Terakhir, dan merupakan hal penting dalam dunia kerja adalah ketertiban dalam hal administrasi. Seorang siswa SMK, khususnya jurusan pemasaran mendapat pembelajaran intens terkait hal-hal teknis keadministrasian. Jadi, diharapkan ketika telah menyelesaikan jenjang pendidikan SMK, siswa tersebut telah memiliki karakter disiplin, teliti, serta kemampuan berpikir cepat akurat yang diperlukan dalam pekerjaan.

Nah, itulah tadi serangkaian informasi penting terkait keunggulan jurusan pemasaran SMK yang wajib dipahami. Sekarang, setelah mendapatkan informasinya, tidakkah tertarik untuk menjadikannya sebagai prioritas pilihan masa depan? Sebaiknya pikirkan semuanya matang-matang, serta segera siapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *