jurusan di universitas al azhar mesir

Inilah 5 Fakultas Beserta Jurusan di Universitas Al Azhar Mesir

Sebagai salah satu kampus yang berfokus pada pembelajaran keagamaan, Universitas Al Azhar menjadi rekomendasi bagi pelajar yang ingin memperdalam ilmu agama. Bahkan tersedia bantuan pendidikan dari Kementrian Agama bagi pelajar yang menempuh studi di kampus tersebut, tentunya dengan ketentuan khusus. Pelajar dapat memilih fakultas beserta jurusan di Universitas Al Azhar Mesir, seperti pada penjelasan berikut ini:

1. Fakultas Bahasa Arab

Mempelajari bahasa asing tentunya sangat bermanfaat guna meningkatkan komunikasi yang baik. Terutama karena bahasa Arab akan lebih sering digunakan ketika pelajar tinggal di Mesir. Di samping itu, pengetahuan yang akan diperoleh sangatlah rinci meliputi sejarah bahasa Arab, Nahwu, Ilmu Tajwid, Fiqih, dan sebagainya.

Meskipun ini merupakan Fakultas Bahasa Arab, tetapi pelajar juga akan memperoleh materi Bahasa Inggris. Adapun jurusan yang dapat dipilih yaitu jurusan Sejarah dan Peradaban, jurusan Jurnalistik, dan jurusan Sastra Arab. Bila memutuskan untuk mengikuti jurusan Sastra Arab, maka pemerintah akan memberikan subsidi guna meringankan beban biaya pendidikan.

2. Fakultas Ushuluddin

Setiap pelajar yang menempuh pendidikan agama tentu memiliki cita-cita tersendiri, misalnya ingin menjadi Da’i. Sehingga memerlukan pemahaman yang luas mengenai dasar ilmu agama. Untuk itu, fakultas ini didirikan guna memberikan ruang bagi pelajar dalam menimba ilmu.

Fakultas ini tersedia untuk S1 dan S2, bila pelajar melanjutkan jenjang S2 maka diharuskan memilih jurusan yang sama. Sebaiknya pertimbangkan dengan matang ketika memilih jurusan untuk pertama kali. Adapun jurusan di Universitas Al Azhar Mesir yang dapat dipilih yaitu jurusan Dakwah, Ilmu Hadits, Aqidah dan Filsafat, serta Tafsir dan Ilmu Al Quran.

3. Fakultas Syariah Wal Qonun

Didirikannya fakultas ini dikhususkan untuk membahas hukum islam kontemporer, sehingga nantinya mampu mencetak generasi penerus yang kompeten. Adapun pemilihan jurusan hanya dapat dilakukan ketika telah melanjutkan ke program S2, yang mana berbeda dengan sistematika pada fakultas lain. Pilihan jurusan yang tersedia diantaranya jurusan Fiqih, Qanun Khas, Ushul Fiqih, dan sebagainya.

4. Dirasat Islamiyyah wal ‘Arabiyyah

Pada fakultas ini pelajar akan memperoleh materi gabungan yang terdapat pada fakultas lain. Sehingga pembahasannya akan lebih luas, seperti pelajaran tentang Hadist, Fiqih, Tajwid, Nahwu, hingga Bahasa Inggris. Tujuan utamanya didirikannya fakultas ini yaitu untuk membentuk kader ulama yang kompeten di bidangnya.

FDI juga didirikan untuk perempuan, akan tetapi tempat kuliahnya dibedakan jauh. Sehingga antara pelajar laki-laki dan perempuan tidak akan saling bertemu. Akan tetapi, sistem pembelajarannya dan materi yang diberikan tetap sama. Adapun jurusan FDI diantaranya jurusan Syariah Islamiyyah, Syariah wal Qonun, Ilmu Tafsir, dan sebagainya.

5. Fakultas Umum

Selain bidang agama, pelajar juga dapat menimba ilmu dengan mengikuti program pendidikan pada fakultas yang sifatnya umum. Pada Fakultas Kedokteran, pelajar dapat memilih jurusan kedokteran bila ingin menekuni dunia medis dan pengobatan pada berbagai penyakit. Bisa juga dengan memfokuskan pada jurusan kedokteran gigi yang terdapat pada Universitas Al Azhar.

Selain itu, beberapa bidang lainnya yang bersifat umum juga dapat dipelajari pada universitas ini. Seperti Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Farmasi, dan sebagainya. Berbagai fakultas tersebar pada beberapa kota di Mesir, sehingga pelajar harus memahami lokasi kampus terlebih dahulu ketika telah memutuskan pilihan jurusan yang akan ditempuh.

Kesempatan belajar terbuka lebar berkat beasiswa yang akan diperoleh bila mengambil jurusan di Universitas Al Azhar Mesir bidang agama. Tentunya harus diimbangi dengan persiapan yang matang, sebab jalur tersebut dapat ditempuh dengan mengikuti seleksi oleh Kementrian Agama. Meski demikian, pelajar juga dapat memilih jurusan umum dengan dibekali biaya secara pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *