jurusan di seoul national university

5 Bidang Studi Beserta Jurusan di Seoul National University Untuk Melanjutkan Studi

Korea Selatan tidak hanya terkenal karena beragam hiburan musik dan drama yang menarik. Berbagai pilihan universitas bergengsi menjadi rekomendasi untuk melanjutkan studi. Seperti Seoul National University yang menduduki peringkat pertama kampus terpopuler di negara tersebut. Adapun jurusan di Seoul National University tersebar pada 5 macam bidang studi sebagaimana penjelasan berikut:

1. Bidang Teknik

Kemajuan teknologi di Korea Selatan tidak kalah bila dibandingkan dengan negara lain. Negara ini juga mengembangkan mobil buatan serta berbagai alat transportasi canggih. Demikian pula dengan sistem pendidikannya, ini membuat Ilmu Teknik menjadi salah satu pilihan terpopuler di Korea Selatan. Banyak kampus yang menawarkan bidang studi tersebut, termasuk Seoul National University.

Setidaknya ada sekitar 14 jurusan bidang teknik yang terdapat pada universitas ini, dimana pelajar dapat menyesuaikan dengan kejuruan yang paling diminati. Jurusan tersebut diantaranya Teknik Sipil dan Lingkungan, Teknik Mesin, Arsitektur, Teknik Industri, serta Teknik dan Ilmu Komputer. Berbagai pilihan tersebut dapat dipertimbangkan sebelum memutuskan jurusan yang akan dipilih.

2. Ilmu Sosial dan Humaniora

Pada bidang ini, pelajar akan memperoleh pengetahuan tentang kehidupan manusia dan lingkungan sosial yang berguna dalam berinteraksi. Ilmu yang diperoleh tentu akan sangat bermanfaat ketika hidup di lingkungan masyarakat. Jurusan di Seoul National University yang tersedia diantaranya Geografi, Psikologi, Sejarah, Ekonomi, dan berbagai Jurusan Bahasa dari berbagai negara.

3. Ilmu Alam

Pengetahuan yang sifatnya pasti dan umum dipelajari dalam bidang studi Ilmu Alam. Secara garis besar bidang ini mempelajari tentang manusia dan alam sekitarnya dengan berlandaskan pada metode ilmiah. Sehingga materi dasar yang patut dipersiapkan ketika memilih bidang ini adalah Sains dan Matematika sebagai hitungan pasti.

Adapun bidang studi ini terdiri dari berbagai jurusan yang dapat dipilih, diantaranya Matematika, Fisika, Kimia, Ilmu Biologi. Ada pula beberapa jurusan untuk ilmu terapan seperti Perawat, Bioteknologi Agrikultur, Rekayasa Biosistem, serta Makanan dan Nutrisi. Di samping itu, jurusan di bidang lain beserta penjelasan lengkap tersedia pada halaman resmi Seoul National University.

4. Bidang Seni

Ketertarikan pada bidang seni dapat dikembangkan dengan memilih jurusan yang tepat. Bidang seni yang dimaksud mencakup 3 topik utama, yaitu seni rupa, musik, dan desain. Masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga pembagian jurusan pada Seoul National University juga beragam. Pembelajaran tentang seni akan membentuk seseorang agar lebih kreatif dan terampil.

Bila tertarik pada seni rupa, pelajar dapat memilih program kejuruan patung, lukisan, dan lukisan oriental. Selain itu, pelajar dapat mengembangkan keterampilan dengan memilih jurusan kerajinan dan desain. Adapun pada bidang musik, ada 7 pilihan jurusan yang tersedia yaitu Musik Vokal, Musik Korea, Musicology, Piano, Composition, String, serta Woodwind and Brass.

5. Kedokteran

Bidang studi ini diperuntukkan bagi pelajar yang tertarik untuk mempelajari segala jenis obat-obatan. Termasuk pemahaman mengenai pengobatan pada suatu penyakit. Mengingat pendidikan kedokteran di Korea Selatan mampu bersaing di tingkat dunia, sehingga bidang studi ini sangat direkomendasikan bagi pelajar yang akan melanjutkan studi ke luar negeri.

Bidang Kedokteran mencakup 4 jurusan yang tersedia pada Seoul National University. Pilihan jurusan tersebut antara lain Ilmu Biomedis, Ilmu Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, dan Obat-Obatan. Jurusan yang dipilih tentu akan berpengaruh pada karir di masa mendatang, sehingga pelajar perlu memikirkan pilihan matang-matang.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 bidang studi serta jurusan di Seoul National University sebagai bahan pertimbangan ketika melanjutkan pendidikan. Pelajar dapat memilih jurusan yang dirasa paling dikuasai agar memudahkan dalam belajar. Bila memutuskan untuk melanjutkan studi luar negeri, ada baiknya untuk menggali informasi tentang beasiswa guna meringankan biaya pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *