asuransi mobil all risk

Asuransi Mobil All Risk Pengertian, Manfaat, dan Hal yang Tidak Dilindungi

Asuransi kendaraan merupakan hal yang patut dipikirkan, karena ternyata kehadirannya sangat penting. Hal ini dikarenakan data mencatat bahwa di Indonesia sering terjadi kecelakaan. Tentunya jika sudah memiliki asuransi, maka biaya kerusakan mobil bisa ditanggung asuransi. Hanya saja perlu diketahui kalau asuransi mobil memiliki dua jenis, salah satunya adalah asuransi mobil all risk.

Mengenal Asuransi Mobil All Risk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya kalau asuransi mobil di Indonesia ini memiliki dua jenis yakni all risk, dan TLO atau total loss only. Sesuai dengan namanya jika diartikan secara harfiah, maka asuransi all risk artinya melindungi segala resiko yang mungkin terjadi. Tentunya resiko yang dilindungi di sini adalah yang menyebabkan kerusakan.

Jadi bisa dipastikan kalau asuransi mobil all risk ini akan melindungi mobil penggunanya, dan mengcover biayanya dari yang terkecil sekalipun. Dari mulai baret, kerusakan parah, atau sampai mobil hilang. Biasanya asuransi ini disebut juga dengan comprehensive atau keseluruhan. Karena semuanya masuk dalam biaya perlindungan, maka tidak heran jika asuransi ini membutuhkan biaya lebih besar.

Perbedaan All Risk dengan TLO

Sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja perbedaan antara all risk dengan Total Loss Only. Hal pertama yang bisa dilihat dari jangkauan keduanya. Karena all risk pastinya akan melindungi semuanya. Bahkan jika mobil mengalami lecet yang kecil saja, maka pemilik polis bisa mengajukan klaim sehingga biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari harga premi yang ditawarkan, tentunya all risk sedikit lebih tinggi daripada total loss only. Hal ini juga dikarenakan biaya yang ditanggung oleh kedua asuransi jelas berbeda, dan all risk lebih mahal biaya tanggungannya. Lalu selanjutnya ada juga perbedaan pada peraturan saat pengajuan klaim di antara keduanya.

Kelebihan Asuransi All Risk

Tentunya seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa asuransi ini memiliki perlindungan yang sangat luas, dan itu merupakan salah satu kelebihan dari asuransi ini. Jadi hal ini berbeda dengan asuransi total loss only yang hanya melindungi mobil apabila terjadi kerusakan sesuai dengan peraturan dari asuransi saja.

Selain itu juga asuransi ini akan memberikan perlindungan yang sifatnya menyeluruh, dan jauh lebih banyak. Bahkan untuk yang lecet kecil saja, apabila pemilik asuransi mengajukan klaim maka biayanya bisa ditanggung oleh asuransi. Jadi tentunya akan lebih menguntungkan bagi pihak yang memegang asuransi.

Hal yang Tidak Dilindungi All Risk

Memang sebelumnya sudah dikatakan bahwa all risk sesuai dengan namanya, akan menanggung semua biaya yang terjadi bahkan untuk lecet yang terkecil saja. Hanya saja pada peraturannya ada beberapa hal yang tidak dilindungi oleh asuransi ini, dan berikut ini adalah beberapa hal tersebut diantaranya:

    • Balapan (perlombaan illegal)
    • Mobil membawa beban yang melebihi kapasitas, membawa barang yang tidak sesuai dengan kegunaan, atau membawa hewan.
    • Untuk mendorong ataupun menarik benda/kendaraan lain
    • Mobil atau kendaraan terbukti dipakai untuk tindakan kriminal. Baik itu oleh pemilik asuransinya sendiri, ataupun oleh keluarganya.
    • Mobil atau kendaraan hilang dikarenakan kejahatan yang tidak bisa dijelaskan oleh logika, dan kejahatan hipnotis adalah salah satu contohnya.
    • Mobil atau kendaraan hilang dikarenakan keteledoran dari pemilik, seperti dengan sadar menitipkan mobilnya kepada orang yang tidak kenal. Contohnya pada parkir

Ternyata ada banyak hal yang bisa menyebabkan asuransi ini tidak bisa dicairkan jadi pastikan untuk memperhatikan dengan baik. Karena asuransi mobil all risk ini sudah termasuk asuransi yang sangat menguntungkan. Jadi perhatikan dengan baik semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *