asuransi kecelakaan lalu lintas

UU Tentang Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas dan Santunan Yang Diberikan

Dalam mengemudikan sebuah kendaraan belum tentu ada jaminan jika seseorang akan selamat sampai tujuan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya peristiwa kecelakaan yang terjadi. Maka dari itu, seseorang sangat memerlukan sebuah asuransi kecelakaan lalu lintas untuk melindungi diri. Dengan adanya asuransi tersebut dapat membantu korban yang kecelakaan.

Memang korban yang mengalami kecelakaan tersebut memiliki kondisi yang beragam sehingga jenis santunan yang akan didapatkan pun berbeda. Jenis santunan yang diberikan oleh pihak asuransi memang berbeda seperti biaya pemakaman, meninggal dunia, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga undang-undang yang mengatur tentang asuransi ini.

Undang-Undang Tentang Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Ternyata asuransi terkait dengan kecelakaan lalu lintas memiliki undang-undang yang mengaturnya. Dimana UU yang mengatur asuransi ini yakni UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 239 ayat 1. Memang undang-undang ini  digunakan untuk mengatur asuransi kecelakaan untuk memberikan pertanggungjawaban terhadap korban. Sehingga korban mendapat biaya untuk berobat.

Dimana wujud tanggung jawab tersebut seperti berbagai penyebab bagi pelaku sehingga melakukan kelalaian. Akibat dari kelalaian yang dilakukan membuat korban kehilangan nyawa, mengalami luka-luka, dan hal lainnya. Maka dari itu, pengaturan ini dibuat untuk melindungi korban kecelakaan. Selain itu, korban tersebut juga bisa mendapatkan haknya.

Santunan Yang Diberikan Jika Menggunakan Asuransi Kecelakaan

Santunan atau bantuan yang akan diberikan kepada korban kecelakaan memang beragam. Dimana santunan yang diberikan berdasarkan dengan kondisi yang dialami oleh korban setelah kecelakaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap terkait dengan jenis santunan yang diberikan pihak asuransi kecelakaan lalu lintas kepada korban:

1. Santunan Untuk Korban Meninggal Dunia

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwasanya kondisi korban setelah kecelakaan memang beragam. Salah satunya yakni korban tersebut kehilangan nyawa atau meninggal dunia. Dengan adanya asuransi yang dimiliki, maka pihak asuransi akan memberikan santunan dalam jumlah besar. Dimana bantuan tersebut diberikan kepada pihak keluarga.

2. Bagi Korban Kecelakaan Yang Cacat

Adapun dimaksud korban yang cacat setelah mengalami kecelakaan yakni cacat tetap. Memang cacat tetap yang dialami merupakan cacat yang akan sulit disembuhkan. Meskipun memiliki peluang untuk sembuh, namun tentu membutuhkan biaya yang akan digunakan. Sehingga pihak asuransi memberikan santunan kepada korban tersebut.

3. Korban Kecelakaan Yang Dirawat Inap

Apabila korban yang kecelakaan tersebut hanya mengalami luka-luka baik besar maupun kecil namun perlu untuk dirawat inap. Dengan tujuan untuk korban istirahat sambil menunggu proses pemulihan pada luka akibat kecelakaan yang terjadi. Kondisi seperti ini pun akan diberikan santunan oleh pihak asuransi berupa dana sebagai biaya untuk perawatan RS.

4. Tunjangan Kehilangan Pendapatan

Terjadinya kecelakaan dialami seseorang dapat berdampak terhadap hilangnya pendapatan korban. Hal tersebut biasa terjadi apabila korban dalam kondisi cacat sehingga tidak dapat bekerja. Maka dari itu, korban akan diberikan tunjangan untuk membantu korban dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

5. Santunan Untuk Biaya Pemakaman Korban

Selain memberikan santunan untuk korban yang meninggal dunia, ada juga santunan untuk biaya pemakaman. Memang santunan akan diberikan apabila korban yang meninggal dunia disebabkan akibat kecelakaan yang dialami. Santunan yang diberikan ini berdasarkan berapa jumlah biaya yang dibutuhkan  untuk pemakaman korban tersebut.

Itulah ulasan lengkap terkait dengan santunan yang diberikan jika memiliki asuransi kecelakaan lalu lintas untuk korbannya. Memang beberapa pihak asuransi memberikan beberapa santunan kepada nasabah yang mengalami kecelakaan. Dimana kondisi yang dialami korban tentunya beragam seperti korban tersebut luka-luka hingga meninggal dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *