cara klaim bni life

Lima Cara Klaim BNI Life dengan Cepat dan Mudah

BNI Life merupakan salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi dengan premi dan manfaat menarik. Asuransi ini menawarkan berbagai produk seperti asuransi jiwa atau kesehatan, unit link, pendidikan, syariah, serta dana pensiun. Tak hanya itu, cara klaim BNI life juga mudah dilakukan melalui klaim 27 menit atau one day claim.

Dewasa ini, kesadaran masyarakat akan kebutuhan asuransi makin meningkat, terlebih dilihat dari benefit yang memberikan proteksi terhadap kesehatan dan jiwa. Selain itu, asuransi juga digunakan sebagai sarana investasi yang menjanjikan untuk masa depan. Terlebih untuk pengajuan klaim dapat dilakukan dengan mudah, berikut ini langkah yang bisa diikuti:

1. Mengisi Dokumen Klaim

Pertama, siapkan persyaratan dokumen pengajuan klaim meninggal dunia yakni mengisi formulir klaim. Wajib melampirkan foto copy KTP peserta dan penerima santunan, Kartu Keluarga dan surat Keterangan Kematian dari Kelurahan. Selain itu juga mencantumkan Surat Keterangan Diagnosa jika meninggal dunia di RS atau Klinik atau Berita Acara Pemeriksaan dari Kepolisian.

Adapun dokumen tambahan yang harus dilengkapi untuk melakukan klaim baik klaim 27 menit ataupun one day service. Untuk klaim 27 menit diantaranya resume medis, kuitansi biaya perawatan, rincian obat-obatan, salinan hasil lab serta nomor rekening. Sementara, klaim One Day Service membutuhkan tambahan berupa salinan buku tabungan dan polis asli.

2. Pilih Metode Klaim

Salah satu cara klaim BNI Life adalah metode klaim 27 menit dimana peserta dapat mengajukan klaim dalam kurun waktu tersebut. Bahkan proses pencairan dapat dilakukan untuk nominal maksimal sebesar 10 juta. Klaim tersebut dapat digunakan untuk klaim rawat inap sebelum maupun setelah rawat inap.

Sementara itu, asuransi ini juga dapat diklaim dengan menggunakan metode klaim One Day Service yang diproses dalam waktu 24 jam. Pengajuan layanan ini dapat dilakukan mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Layanan klaim asuransi kesehatan individu ini dapat mencapai nominal 50 juta dalam waktu maksimal satu hari penuh.

3. Mengirim Berkas Pengajuan Klaim

Ketika peserta yang mengajukan klaim telah melengkapi dokumen pengajuan langkah selanjutnya adalah mengirimkan berkas. Perlu diperhatikan untuk melengkapi form pengajuan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pengiriman dapat dikirim langsung ke Kantor Pusat BNI Life Insurance melalui email resmi dari BNI life.

4. Menunggu Verifikasi

Tahap berikutnya adalah pihak BNI Life Insurance akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen peserta. Hal ini bertujuan untuk memutuskan apakah pengajuan klaim akan diterima atau ditolak oleh perusahaan. Pasalnya perusahaan memiliki beberapa aturan tertentu yang dapat menolak pengajuan klaim peserta.

Perihal pengajuan klaim maksimal dilakukan 30 hari sejak terjadinya insiden atau kecelakaan. Apabila pengajuan klaim melebihi batas waktu yang telah ditentukan maka BNI Life Insurance tidak berkewajiban membayarkan santunan asuransi.Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan waktu pengajuan klaim.

5. Pembayaran Klaim

BNI Life Insurance akan melakukan pembayaran klaim dalam kurun waktu 7 hari kerja sejak persyaratan dokumen klaim diterima lengkap. Sedangkan klaim yang memerlukan verifikasi lebih lanjut, keputusan akan diterima maksimal 60 hari kerja sejak dokumen diterima. Pembayaran klaim akan ditransfer langsung ke rekening Peserta atau penerima Santunan Asuransi.

Demikian cara klaim BNI Life yang dapat memudahkan peserta asuransi dalam mengajukan klaim saat terjadi kecelakaan atau kematian. Memang banyak manfaat yang dapat diterima dari asuransi baik kesehatan maupun jiwa. Sebab, sebagai manusia harus waspada dan mempersiapkan solusi dari berbagai resiko dalam kehidupan seperti kecelakaan, sakit atau meninggal dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *