cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect

Cara Memperbaiki WiFi yang Tidak Bisa Connect Paling Mudah Dilakukan

WiFi adalah penyedia layanan internet pengganti kuota. Jika dahulu WiFi cuma bisa terpasang di rumah, sekarang bisa dibawa kemana-mana dengan menggunakan modem. Namun, tidak jarang WiFi tersebut tidak bisa connect ke perangkat. Lantas, bagaimana cara memperbaiki WiFi yang tidak bisa connect ke perangkat? Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Sebenarnya, ada juga WiFi yang sudah otomatis terpasang pada handphone. Pemilik tinggal klik “hotspot pribadi” dan pemakai klik “WiFi”, maka secara otomatis WiFi akan terhubung. Bagaimana jika di rumah hanya mengandalkan WiFi dan tiba-tiba WiFi terputus atau tidak connect? Berikut adalah cara mengatasi WiFi tidak connect yang mudah untuk dilakukan, yaitu:

1. Melakukan Restart pada WiFi

Step pertama agar WiFi dapat tersambung yakni dengan memulai kembali atau restart WiFi. Step ini sangat mudah dilakukan dan tentunya simpel. Apalagi tidak menutup kemungkinan internet service atau ISP pada WiFi error. Dengan demikian, ada baiknya jika WiFi dinonaktifkan terlebih dahulu. Tunggu beberapa saat lalu hidupkan kembali WiFinya.

2. Berhenti Menghidupkan Mode Pesawat

Cara supaya jaringan dari WiFi lancar yang selanjutnya adalah tidak menghidupkan mode pesawat. WiFi sudah aktif tetapi belum bisa connect saat akses browser? Coba cek kembali apakah mode pesawat masih aktif atau tidak. Jika masih, itulah masalahnya. Dengan menghidupkan mode pesawat, berarti pengguna akan kesulitan dalam menjelajahi browser.

3. Membawa Perangkat Dekat dengan WiFi

Satu dari sumber masalah WiFi yang tidak dapat berhasil connect yakni jauhnya sumber jaringan (WiFi) ke perangkat. Semakin jauh jarak PC maupun Hp ke sumber WiFi, semakin lemot jaringan internet. Sebaliknya, semakin dekat jarak perangkat dengan sumber WiFi maka semakin lancar pula koneksi internetnya.

TRENDING:  Cara Memindahkan Akun Mobile Legend Ke HP Lain

4. Mengecek Perangkat yang Terhubung

Pada cara memperbaiki WiFi yang tidak bisa connect yang keempat adalah mengecek ada berapa jumlah perangkat yang berhasil masuk ke sumber jaringan (WiFi). Biasanya pada sebuah router WiFi memiliki batas kapasitas jumlah laptop maupun Hp yang dapat terhubung. Jika yang menggunakan banyak, maka kemungkinan jaringan akan lemot bahkan tidak connect.

5. Mengecek Pulsa atau Kuota

Jika memakai WiFi sendiri tetapi tidak dapat connect, apa masalah dan solusinya? Jika cara-cara di atas sudah dicoba dan tidak ada hasilnya, kemungkinan besar kuota atau pulsa pada modem habis. Selalu cek isi router maupun modem dan pastikan pengguna sudah mengisi pulsa ataupun kuota.

Bagaimana jika WiFi untuk konsumsi publik yang tidak terkoneksi? Bagaimana cara mengeceknya? Jika menemui masalah seperti ini misalnya di perpus, kafe, dan lainnya sebaiknya bertanya langsung ke petugas. Pastikan juga kata sandi yang dimasukkan sudah benar. Jika salah memasukkan sandi sudah dipastikan WiFi tidak berhasil connect ke laptop maupun Hp.

6. Melakukan Autentikasi IP

Agar WiFi berhasil digunakan, maka harus melalui autentikasi IP. Bagaimana jika tidak berhasil? Cukup download aplikasi WiFi Fixer. Aplikasi WiFi Fixer ini akan membantu WiFi melalui proses autentikasi IP. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu beberapa masalah lainnya. Aplikasi ini sudah bisa diunduh secara gratis di Play Store.

Itulah enam cara memperbaiki WiFi yang tidak bisa connect pada PC maupun pada android. Ulasan di atas yakni step yang paling mudah dilakukan, apalagi oleh orang awam. Semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu menyelesaikan masalah pada WiFi yang tidak dapat connect dan menambah pengetahuan pembaca.

TRENDING:  5 Cara Memperbaiki Wifi Di Laptop yang Tidak Bisa Konek

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *