cara mencukur rambut kemaluan sunnah

Benarkah Mencukur Pada Area Kemaluan Sunnah, Inilah Cara Mencukur Rambut Kemaluan Sunnah yang Harus Dipahami

Apakah benar di dalam Agama Islam diizinkan untuk mencukur bulu pada area kemaluan? Bagaimana cara mencukur rambut kemaluan sunnah? Semua pertanyaan ini akan dibahas lebih lanjut, namun sebelumnya terdapat pembahasan mengenai dunia kedokteran. Faktanya menyatakan bahwa penting adanya seseorang untuk mencukur bulu. Satu hal yang harus diingat oleh pembaca untuk menghindari pencukuran hingga habis tak bersisa.

Informasi yang didapatkan bahwa seseorang yang tidak mencukur bulu kemaluannya maka akan membuka sejumlah bakteri masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya itu, tetapi beberapa penelitian menyatakan, sangat tidak baik seseorang mencukur rambut kemaluan habis tidak bersisa. Lantas, bagaimana cara mencukurnya sesuai sunnah? Berikut ulasannya:

Fakta atau Mitos dalam Islam Mencukur Rambut Kemaluan Hukumnya Sunnah?

Sesuai dengan permintaan dari segala pertanyaan yang ada menanyakan mengenai pencukuran pada bulu kemaluan. Kali ini akan dibahas secara tuntas dan mendetail. Hasil jawabannya adalah fakta! Pada syariat Islam, mencukur rambut pada area kemaluan hukumnya sunnah. Terdapat kesimpulan bahwa umat muslim diizinkan untuk mencukur rambut di area kemaluannya.

Pada ajaran Agama Islam pun terdapat aturan mengenai waktu pencukuran yang baik, waktu tersebut ialah tak lebih 40 hari. Maksud dari perkataan tersebut adalah seorang umat muslim dianjurkan untuk rajin mencukur rambut kemaluannya. Pencukuran tersebut harus dilakukan setiap 40 hari tidak boleh lebih. Tentunya pernyataan ini didapatkan dari hadis Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu.

Beberapa Tahapan Mencukur Rambut Pada Area Kemaluan Sesuai Sunnah

Tidak ada panduan resmi mengenai cara mencukur rambut kemaluan sunnah yang sesuai dengan syariat Islam. Pada dasarnya dalam mencukur rambut pada area kemaluan memiliki tahapan yang sama. Terdapat sedikit perbedaan yang sesuai sunnah agama Islam. Berikut tahapan-tahapan yang harus dilalui antara lain:

TRENDING:  Bagaimana Hukum Menggabungkan 2 Niat Puasa Sunnah

1. Mandi Menggunakan Air Hangat Terlebih Dahulu

Tahapan pertama dalam cara mencukur rambut kemaluan sunnah yaitu mandi terlebih dahulu. Air yang harus digunakan haruslah hangat, mengapa harus menggunakan air hangat? Hal ini agar dapat melembabkan kulit pada saat proses pencukuran terjadi. Tentunya memudahkan pembaca dalam melakukan pencukuran.

2. Bersihkan Rambut Pada Area Rambut Terlebih Dahulu

Langkah selanjutnya, siapkan gunting yang telah dibersihkan atau disterilisasikan terlebih dahulu. Pastikan tidak ada satu pun bakteri yang menempel pada gunting. Langkah berikutnya, guntinglah rambut tersebut setidaknya menyisakan 0.5 cm atau setidaknya ketika akan dicukur menjadi sangat mudah. Tujuannya agar tidak membuat iritasi pada kulit.

Ketika akan dilakukan pencukuran maka harus berdoa terlebih dahulu. Tujuannya agar saat pembaca melakukan pencukuran jin tidak akan melihat aktivitas tersebut. Saat pencukuran dilakukan sangat disarankan agar melakukannya dimulai dari kanan hingga ke kiri, jika tidak bisa maka tidak perlu untuk dipaksakan.

3. Oleskan Krim Sebelum Mencukur Rambut Pada Area Kemaluan

Tahapan ini sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari iritasi saat pencukuran berlangsung. Tujuan penggunaan krim tidak hanya iritasi tetapi juga untuk melembabkan agar mudah saat melakukan proses pencukuran. Pilihlah krim khusus yang ditujukan untuk pencukuran rambut pada kemaluan.

4. Mulai Mencukur Rambut Pada Area Kemaluan

Pada saat proses pencukuran ini terjadi sangat disarankan agar pembaca memulainya dari kanan hingga kiri. Ini bukanlah sebuah keharusan, namun jika bisa maka sangat disarankan untuk melakukan teknik tersebut. Pastikan untuk mencukurnya sesuai dengan arah pertumbuhan rambut. Pastikan pula kebersihan alat cukur sebelum digunakan.

5. Jangan Lupa Oleskan Aloe Vera Setelah Melakukan Pencukuran

Proses pencukuran telah usai maka balaslah are kemaluan dengan air. Pastikan area kemaluan pembaca telah bersih dan tak meninggalkan apapun. Langkah selanjutnya untuk menggunakan after-shave lotion, disarankan untuk menggunakan gel lidah buaya. Tujuannya untuk mencegah kemaluan pembaca tidak terkena gatal dan iritasi.

TRENDING:  Mengagumkan, Ternyata Inilah Pahala dan Keutamaan Memelihara Kucing Menurut Islam yang Sering Diabaikan

Faktanya mengatakan bahwa cara mencukur rambut sunnah bagi umat Muslim. Hal ini menyatakan bahwa jika kita melakukannya maka akan mendapatkan pahala. Begitu pula sebaliknya, jika tidak melakukannya tidak akan berdosa. Sesuai dengan pernyataan diatas pula bahwa tidak ada panduan khusus mengenai pencukuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *