rahasia bismillah nabi sulaiman

5 Manfaat Rahasia Bismillah Nabi Sulaiman, Yuk, Baca Sebelum Beraktivitas

Ada banyak manfaat rahasia bismillah Nabi Sulaiman yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang muslim. Orang muslim memang sangat dianjurkan untuk memulai hari dan aktivitas lainnya dengan bismillah. Hal itu agar setiap yang dikerjakannya memperoleh barokah dari Allah SWT. Kehadiran bismillah di awal ayat sangat erat kaitannya dengan kisah Nabi Sulaiman.

Asal Mula Kata Bismillah dari Kisah Nabi Sulaiman

Seperti yang dituliskan sebelumnya ayat bismillahir rahmanir rahim (Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang), sangat erat kaitannya dengan kisah Nabi Sulaiman. Alkisah Nabi Sulaiman mendengar negeri yang dipimpin oleh seorang Ratu bernama Ratu Balqis. Walaupun negaranya sangat makmur dan rakyatnya bahagia namun ia belum memeluk agama islam. Daripada islam, Ratu Balqis dan negaranya menyembah matahari.

Kemudian Nabi Sulaiman A.S. mengutus burung Hud Hud untuk mengirimkan surat kepada Ratu Balqis. Surat yang dibawa burung Hud Hud tersebut diawali dengan kata bismillahir rahmanir rahim. Menandakan ajakan Nabi Sulaiman kepada Ratu Balqis untuk menyembah Allah SWT dan tidak yang lainnya.

5 Manfaat Rahasia Membaca Bismillah Sebelum Beraktivitas ala Nabi Sulaiman

Berdasarkan kisah tersebut, dapat diketahui bahwa basmalah merupakan ayat yang sangat spesial. Ayat itu adalah lambang kepercayaan Allah SWT terhadap khalifah muslim di dunianya. Tidak heran jika membacanya saja akan membawa manfaat bagi para umat. Berikut ini adalah 5 manfaat rahasia membaca bismillah ala Nabi Sulaiman yang sebaiknya dibaca sebelum mulai beraktivitas:

1. Diberkati Allah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan untuk membaca bismillah sebelum beraktivitas adalah agar apa yang dikerjakan memperoleh barokah dari Allah SWT. Namun tidak hanya sekedar barokah, membaca bismillah sebelum beraktivitas membuat apapun yang dikerjakan asalkan untuk tujuan kebaikan akan memperoleh pahala.

TRENDING:  Ketahui 7 Manfaat Buka Aura Menurut Islam

2. Diselamatkan Allah SWT dari Malaikat Zabaniyah

Manfaat rahasia bismillah Nabi Sulaiman selanjutnya adalah mendapatkan keselamatan dari Malaikat Zabaniyah. Malaikat Zabaniyah adalah malaikat yang memiliki tugas sebagai juru penyiksa neraka. Mereka berjumlah sembilan belas malaikat banyaknya. Apabila dengan membaca bismillah sebelum memulai hari dan setiap akan memulai sesuatu. Maka umat akan memperoleh perlindungan dari Malaikat Zabaniyah dari Allah SWT.

3. Kelak Disiapkan Tempat di Surga

Sebagai ganti Malaikat Zabaniyah, Allah SWT akan menyiapkan tempat di Surga bagi umat yang membaca basmallah sebelum memulai beraktivitas. Setiap huruf dari bismillah akan mendapatkan pahala yang akan menggantikan siksa dari Malaikat Zabaniyah. Kemudian umat itu akan disiapkan tempat di surga sebagai bentuk dari pahala dan amalannya.

4. Setan Akan Menjadi Kecil dan Tidak Berani Mendekat

Seseorang yang memulai harinya dengan bacaan basmallah akan ditakuti oleh setan dan akan terhindar dari godaan setan. Hal ini karena yang dilakukannya sudah terlindungi oleh rahmat Allah SWT sejak awal.  Maka dengan begitu pekerjaan menjadi lebih lancar, lebih berkah, sekaligus lebih terlindungi.

5. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Tentu saja, manfaat yang paling utama dari membaca bismillah sebelum beraktivitas adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini karena setiap hari dan setiap apa yang dilakukannya sang umat mengingat penciptanya. Sehingga diri dan hati menjadi lebih dekat kepada Allah SWT melalui setiap tindakan dan aktivitas yang dilakukan,

Itulah 5 manfaat rahasia bismillah Nabi Sulaiman, baiknya kini sebagai muslim membiasakan diri untuk mengucapkan bismillah sebelum memulai hari dan melakukan sesuatu. Maka , dengan begitu manfaat-manfaat yang disebutkan di atas juga akan kita dapatkan. Selain itu semoga jalan hidup setiap harinya diberi kemudahan oleh Allah SWT.

TRENDING:  Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim Yang Wajib Ditiru

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *