sunnah yang dilakukan ketika bayi baru lahir

Sunnah yang Dilakukan Ketika Bayi Baru Lahir Menurut Islam

Kedatangan anggota keluarga baru merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan dan membahagiakan dalam keluarga. Islam sebagai agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Indonesia memiliki anjuran tersendiri untuk menyambut anggota baru. Salah satunya adalah sunnah yang dilakukan ketika bayi baru lahir dalam Islam sesuai dengan perilaku Nabi Muhammad SAW.

Tidak hanya kebahagiaan yang datang, namun bersama dengan itu juga tanggung jawab dan peran baru menjadi orang tua. Bentuk rasa syukur dan kesiapan mengemban peran baru tersebut biasanya tercermin dengan melakukan sesuatu yang baik. Contohnya adalah anjuran dalam Islam untuk menyambut kelahiran bayi dirangkum menjadi beberapa hal sebagai berikut:

1. Melakukan Adzan

Sosok ayah atau laki-laki dalam keluarga biasanya lebih identik untuk sunnah satu ini karena mengharuskan mengumandangkan adzan. Bayi laki-laki atau perempuan tidak memiliki perbedaan, hanya saja menyuarakan adzan di telinga kanan dan iqamah di telinga kiri. Hal ini merupakan bentuk simbolisme yang sangat mewakili Islam karena mengajak untuk menyembah Allah SWT.

2. Tahnik Kurma Sesuai Ajaran Nabi

Sebenarnya tahnik merupakan salah satu sunnah yang dilakukan ketika bayi baru lahir, namun tampaknya seperti kurang dilakukan. Tahnik dilakukan dengan melumatkan kurma atau makanan manis lain yang halus kemudian dioleskan sambil dipijat di gusi bayi. Tujuan tahnik adalah untuk mempersiapkan untuk makan dengan baik dan berkah untuk menguatkan dirinya.

3. Memperhatikan Nama yang Diberikan

Beberapa nama merupakan harapan dan doa dari orang tua atau keluarga terdekat yang berisi segala ucapan yang baik. Selain itu, nama juga biasanya merupakan salah satu identitas yang dimiliki oleh seorang yang akan melekat hingga dewasa. Oleh karena itu, arti nama yang diberikan harus diperhatikan karena setiap panggilan nama merupakan bentuk doa yang diberikan.

TRENDING:  Ini Cara Menyapih Anak 2 Tahun Menurut Islam yang Perlu Diketahui

4. Bersyukur Melalui Aqiqah dan Menggunting Rambut

Melakukan aqiqah memang disunnahkan untuk dilaksanakan setidaknya 7 hari setelah kelahiran bayi atau kelipatan hari ketujuh. Biasanya dalam suatu acara aqiqah, orang tua juga menggunting rambut bayi yang memang anjuran dari Islam. Keduanya merupakan bentuk syukur dan menunjukkan iman yang dimiliki atas kebahagiaan yang diberikan berupa kelahiran anak yang sehat.

Akan tetapi ketika orang tua atau keluarga belum mampu memenuhi aqiqah dengan memotong kambing atau domba, terdapat beberapa pendapat. Hal ini dikarenakan ketentuan bahwa aqiqah adalah sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. Menurut ahli fiqih, apabila seorang anak lahir kemudian orang tua tidak sanggung melakukan aqiqah hingga hari ke-2q maka dapat dilakukan kapan saja.

Doa memang ampuh untuk meminta kehidupan yang baik bagi bayi yang baru lahir ke dunia, terlebih lagi masih dalam keadaan suci. Pujian dan memanjatkan doa bagi kebaikan bayi merupakan salah satu sunnah yang dilakukan ketika bayi baru lahir dalam Islam. Sebab doa merupakan bentuk kesadaran dan syukur bahwa kehidupan manusia tidak lain bergantung pada Allah.

5. Menyusui Hingga 2 Tahun

Setelah bayi dilahirkan, biasanya dokter akan memberikan bayi tersebut kembali kepada ibunya untuk disusui. Hal ini dikarenakan asi atau air susu ibu memang telah terbukti paling baik untuk nutrisi dan tumbuh kembang bayi. Setiap ibu setidaknya menyusui dengan asi tanpa makanan tambahan atau sampingan kurang lebih hingga anak berusia 2 tahun.

Nah bagi para orang tua, tentu akan lebih baik menentukan dan mengarahkan anak sesuai dengan anjuran dan syariat Islam yang baik. Sebenarnya beberapa hal dapat disesuaikan dengan kemampuan, baik ekonomi maupun fisik. Akan tetapi, alangkah lebih baik untuk menjalankan seluruh sunnah yang dilakukan ketika bayi baru lahir dalam Islam karena memiliki tujuan baik.

TRENDING:  Ketahui 7 Manfaat Buka Aura Menurut Islam

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *