sekolah pelayaran terbaik di indonesia

Rekomendasi 6 Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia

Ilmu pelayaran menjadi salah satu ilmu favorit di Indonesia dan hal itu sebanding dengan banyaknya sekolah pelayaran. Ini juga tentunya disebabkan karena Indonesia sebagai negara dengan luas laut yang sangat besar (maritim). Tentunya membutuhkan putra/putri  terbaiknya untuk menjaga kesatuan tersebut. Karena itu didirikan sekolah pelayaran terbaik di Indonesia supaya mampu menunjangnya.

Daftar Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia

Bagi yang ingin menjadi bagian dari sekolah pelayaran terbaik di Indonesia tentunya wajib mengetahui terlebih dahulu letak dari masing-masing sekolah tersebut. Selanjutnya adalah mencari tahu informasinya yang lain. Dengan begitu maka persiapan bisa menjadi lebih mantap, dan tentunya kemungkinan untuk diterima menjadi semakin besar. Jadi mencari tahu informasi itu sangat penting.

1. STIP

Bisa dikatakan bahwa ini merupakan yang paling populer, dan sepertinya setiap mengatakan sekolah pelayaran maka nama tempat ini yang akan terlintas. Hal ini bukanlah tanpa alasan karena di sini adalah tempat tertua. Jadi pasti jumlah alumni di tempat ini juga sudah sangat banyak, dan tentunya sudah tersebar ke semua penjuru.

2. Akademi Maritim Cirebon

Dari Jakarta bergeser sedikit ke Cirebon yang bisa dicoba oleh yang berdomisili di Cirebon dan sekitarnya. Sekolah ini memiliki umur yang cukup tua yakni dari 1986. Disini perwiranya akan dididik untuk menjadi profesional dalam hal teknika dan nautika. Selain itu disana juga memberikan pelajaran kepada mahasiswanya tentang ketatalaksanaan pelayaran niaga.

3. PIP Makassar

Politeknik ilmu pelayaran ini memiliki umur yang jauh lebih tua lagi dari sebelumnya karena dari 1921. Jadi sudah terhitung sudah ada beberapa alumninya yang berhasil lulus dari sini dan mengabdi di pelayaran Indonesia. Teknika, Nautika, dan KALK adalah 3 jurusan yang dimiliki di sini. Saat bergabung mahasiswanya tidak boleh menikah.

TRENDING:  Ini 7 Universitas Terbaik di Indonesia dan Jurusannya Agar Tidak Ketinggalan Informasi

4. Politeknik Pelayaran Sorong

Siapa bilang daerah timur tidak memiliki sekolah pelayarannya sendiri? Institusi ini adalah buktinya dan sudah berhasil mencetak lebih dari ribuan lulusan terbaik yang siap bersaing. Tentunya fasilitas yang disediakan di sini juga tidak kalah dengan fasilitas di institusi lainnya. Karena itu tidak heran jika kemudian ini menjadi salah satu yang terbaik.

5. BP3IP Jakarta

Tempat ini memiliki singkatan yakni Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran. Sekolah ini dikelola oleh pemerintah dan tepatnya oleh kementerian kelautan. Ini sebenarnya bukan sekolah tapi balai pelatihan, dan nantinya mendapatkan sertifikasi berupa ijazah. Lokasinya seperti yang sudah disebutkan di namanya berada di Jakarta. Jadi cocok bagi yang berdomisili di sekitar situ.

6. BP2TL Jakarta

Satu lagi institusi yang merupakan balai pelatihan yakni Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut. Jadi fokusnya di sini tidak hanya seputar kelautan saja, tapi juga kendaraan laut. Karena itu kurikulum dan materi yang dipelajari juga lumayan banyak yang condong ke arah transportasinya. Bagi yang ingin menjadi bagiannya bisa dengan mengikuti tes.

Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan

Lalu apa sih yang harus diperhatikan dalam memilih sekolah pelayaran ini? Jawabannya adalah perhatikan fasilitas yang dimiliki dan ditawarkan oleh institusi tersebut. Jadi sesuaikan juga dengan kebutuhan, jangan asal dalam memilih. Kalau lebih tertarik dalam nautika maka carilah yang memiliki fasilitas mumpuni dalam bidang tersebut. Dengan begitu proses belajar lebih mantap.

Jadi kalau memang berniat untuk masuk ke dalam sekolah pelayaran bisa masuk ke salah satu sekolah pelayaran terbaik di Indonesia yang sudah disebutkan sebelumnya. Pastikan juga sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, karena pasti saingan banyak sudah bukan hal yang aneh. Karena itu jangan sampai lengah.

TRENDING:  Inilah Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Terfavorit

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *